Resep masakan praktis Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan makanan serupa bubur berwarna putih yang disirami dengan kuah dari gula merah. Bahan utama untuk membuat bubur sumsum adalah tepung beras. Nama bubur sumsum di ambil dari penampilannya yang mirip dengan sumsum tulang.


Bubur sumsum menjadi salah satu hidangan pembuka yang banyak disukai, apalagi saat berbuka puasa. Tekstur lembut dengan cita rasa gurih santan dan manis dari saus gula merah, menjadikan kombinasi rasa ini favorit keluarga di rumah

Resep Bubur Sumsum
Bahan bubur sumsum
·         Tepung beras (yang bagus, tidak apek), 125 gr
·         Santan kental untuk bubur, 750 ml
·         Santan kental untuk saus, 200 ml
·         Daun pandan, 8 lembar
·         Gual merah iris tipis, 250 gr
·         Air, 110 ml
·         Garam secukupnya

Cara membuat bubur sumsum
·         Bagi santan kental untuk bubur menjadi 2 bagian.
·         Masukkan bagian pertama santan kental diatas ke dalam panic, tambahkan 4 lembar daun pandan, panaskan samapi aroma pandan tercium.
·         Campur bagian kedua santan kental ke dalam wadah yang sudah berisi tepung beras, aduk sampai tepung beras tidak bergumpal, saring dan masukkan ke dalam adonan santan yang dipanaskan tadi.
·         Aduk rata sampai matang, adonan yang sudah matang ditandai tidak terciumnya aroma tepung beras dan muncul letupan-letupan pada adonan. Angkat dan dinginkan.
·         Sambil menunggu bubur sumsum dingin, kita akan membuat saus santan dan gula merah. Rebus santan kental untuk saus dengan tambahan 2 lembar daun pandan dan sedikit garam. Panaskan sampai mendidih. Untuk membuat saus gula merah, campur air dengan gula merah lalu tambahkan 2 lembar daun pandan, panaskan sampai gula mencair dan mengental.
·         Sirami bubur sumsum yang sudah dingin dengan saus santan dahulu, lalu siram dengan saus gula merah.
·         Bubur sumsum siap disajikan

Semoga resep kali ini bermanfaat. Sampai berjumpa di resep lainnya. Terima kasih.



0 Response to "Resep masakan praktis Bubur Sumsum"

Posting Komentar