Cara Membersihkan dan Mengolah Daging Ayam Agar Matang Merata tak Berdarah

Membersihkan dan Mengolah Daging Ayam

 Resep Masakan Enak - Daging ayam merupakan olahan masakan yang begitu banyak disukai karena rasa yang lezat, tekstur yang lembut dan harga yang lebih terjangkau daripada daging lainnya. Selain itu, ada begitu banyak variasi masakan yang bisa kita masak dengan menggunakan daging ayam seperti hidangan berkuah opor ayam, soto ayam lalu ada hidangan keringan seperti ayam crispy, ayam goreng, sate ayam dan masih banyak lagi masakan dari bahan dasar ayam.

agar daging ayam matang merata

Terkadang saat lagi enak-enaknya menyantap daging ayam terutama yang di goreng kita menemukan daging yang masih mentah dan lebih parahnya lagi masih ada darah di dalamnya biasanya di bagian daging dekat tulang. Aduh gak banget kan, hilang sudah deh selera makan yang tadi menggebu-gebu.

Baca juga : Lagi panas enaknya coba watermelon punch ala Korea irit dan segar

Hal yang perlu kalian ketahui daging ayam yang masih berwarna merah atau ada darahnya mengidentifikasikan bahwa daging ayam masih belum matang sempurna dan bakteri yang ada di daging ayam juga belum mati semua. Tuhh ngerikan, jadi jangan di remehkan ya teman-teman kalau menemui hal seperti ini, segera buang dan jangan di makan agar tidak terjangkit penyakit.

Nah untuk mengatasi hal tersebut resep masakan enak akan membagikan bagaimana cara membersihkan dan mengelolah daging ayam dengan baik agar bebas bakteri, matang menyeluruh dan yang terpenting tidak ada darah yang tertinggal di dalamnya. Langsung saja di cek di bawah ini.



Membersihkan Daging Ayam dengan Benar

Seperti yang banyak diketahui daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan kayak akan vitamin. Tetapi daging ayam yang masih mentah mengandung bakteri-bakteri yang tidak baik untuk tubuh seperti Enterokokus, Salmonella, E. Coli dan Campylobacter.

Pada umumnya daging ayam tidak perlu di cuci dengan air, karena bakteri yang terdapat di daging ayam akan mati sendiri saat proses memasak berlangsung. Tetapi banyak orang di Indonesia merasa kurang bersih kalau tidak di cuci dengan air, padahal dengan membilas daging ayam dengan air akan berpotensi menyebarkan bakteri lebih luas lagi.

Jangan ketinggalan : Pahami kesalahan saat membuat kue kering, Agar kue lembut dan enak

Cara terbaik mencuci daging ayam adalah dengan merendam daging ayam dengan air hangat sekitar 10-15 menit atau dapat dicampurkan dengan perasan jeruk nipis, lemon atau cuka apel, setelah itu bilas dengan air mengalir dan segera di masak. Untuk daging ayam yang tidak langsung di masak simpan di wadah bersih dan tertutup lalu masukkan ke dalam freeze.

Saat mencairkan daging ayam yang beku dari freeze cukup pindahkan ke kulkas bagian bawah, jangan di cairkan di dalam ruangan karena berpotensi terpapar bakteri sekitar atau bisa dengan cara di rendam di dalam air bagi daging yang masih dalam kemasan plastik.


Agar Daging Ayam Matang Merata dan Tidak Berdarah

 

Saat menggoreng pastikan daging ayam berada di suhu normal, Seringkali kalian menyimpan daging ayam di freeze sebelum di masak. Biarkan daging ayam kembali ke suhu normal terlebih dahulu sebelum di goreng. Suhu daging ayam yang masih dingin saat digoreng akan menyebabkan daging ayam matang di luar tetapi masih mentah di dalam. Hal ini disebabkan terjadinya perbedaan suhu yang signifikan antara daging ayam yang dingin dan panas minyak goreng.

Tusuk / Iris tipis permukaan daging ayam, Dengan melakukan hal ini minyak panas bisa masuk ke dalam daging ayam melalui sela-sela yang dibuat sehingga daging ayam dapat matang menyeluruh sampai ke dalamnya.

Gunakan minyak dengan jumlah yang tepat, Menggoreng juga membutuhkan teknik loh guys. Jumlah minyak yang digunakan untuk menumis, menggoreng steak dan menggoreng ayam jelas berbeda. Untuk menggoreng ayam umumnya menggunakan teknik menggoreng deep frying yaitu menggoreng  dengan jumlah minyak yang banyak sampai masakan terendam seluruhnya.

Wajib Baca : Membuat sambel baby cumi teman makan nasi yang enak dan mantap

Mengatur suhu api, Suhu api yang tepat memang saat berpengaruh terhadap masakan apapun yang di goreng. Suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan masakan gosong di luar tetapi masih mentah di dalam, sedangkan apabila suhu api terlalu kecil menyebabkan masakan tidak renyah, lembek dan menyerap banyak minyak.



Nah itulah beberapa tips membersihkan dan mengolah daging ayam yang bisa kami bagikan. Semoga dengan info ini dapat membantu kalian membuat masakan dengan olahan daging ayam yang sempurna dan lezat.





0 Response to "Cara Membersihkan dan Mengolah Daging Ayam Agar Matang Merata tak Berdarah"

Posting Komentar