Bahan Alternatif Pengganti Masakan Jepang

Bahan Alternatif Pengganti Masakan Jepnag

Resep Masakan Enak - Bagi kalian yang menyukai bidang masak ataupun penyukai makanan Jepang pasti akan mengetahui bahan-bahan masakan yang biasa digunakan dalam masakan Jepang. Seperti shoyu, sake, mirin, dashi, miso dan masih banyak lagi, Untuk kalian yang tinggal di kota besar seperti jakarta atau surabaya mungkin cukup mudah mendapatkan bahan tersebut di supermarket besar, tapi sangat berbeda bagi mereka yang tinggal di kota kecil.

Bahan pengganti masakan jepang

Selain bahan-bahan tersebut susah di dapatkan ada juga kendala dalam penggunaannya terutama bagi muslim karena ada beberapa kandungan bahan yang mengandung alkohol yang di larang di konsumsi oleh umat muslim. 


Lalu bagaimana? Apakah meraka tidak bisa menikmati atau mencoba masakan Jepang seperti gyudon, sushi, takoyaki dan masakan lainnya. Tenang dulu jangan sedih, di artikel kali ini resep masakan enak ingin membagikan beberapa bahan alternatif yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti bahan-bahan masakan di atas. 

Soal rasa, tenang saja walaupun menggunakan bahan pengganti tapi rasa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dan tetap enak. (karena kami sudah mencobanya sendiri). Langsung saja di cek bahan pengganti dalam masakan Jepang di bawah ini.
  

1. Miso (Tauco Jepang)

Sup miso dan kuah miso pasti sering kalian dengar, Yups kedua hidangan tersebut terbuat dari miso atau tauconya Jepang. Miso sendiri merupakan bahan masakan yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai atau beras yang diberi garam. Miso memiliki rasa yang asin dan aroma yang khas. 

Pengganti  miso yang bisa kalian temukan di pasaran adalah tauco dengan takaran yang dikurangi dari panduan resep yang digunakan. Hal ini disebabkan karena tauco di Indonesia cenderung lebih asin dan beraroma cukup kuat.


2. Shoyu

Shoyu atau kecap Jepang merupakan bahan masakan yang terbuat dari fermentasi kedelai berbentuk cair dan berwarna coklat pekat. Bahan pengganti shoyu adalah kecap asin. kecap asin juga terbuat dari fermentasi kedelai dengan tambahan garam yang cukup banyak sehingga menghasilkan kecap yang lebih asin daripada shoyu dan berwarna coklat muda. Shoyu yang umumnya di jual di Indonesia adalah shoyu dengan merek kikkoman.


3. Sake dan Mirin

Sake dan mirin merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi beras, selain untuk di minum langsung, sake dan mirin adalah bahan masakan wajib yang selalu digunakan pada masakan Jepang. Sake sendiri memiliki warna kuning bening dengan rasa asam dan manis, Sedangkan mirin memiliki warna yang lebih kuning serta rasa yang lebih manis dari sake.


Bahan yang digunakan sebagai pengganti sake adalah sari jus apel atau anggur yang beri sedikit gula dan perasan air lemon. Untuk mirin kalian bisa menambahkan takaran gulanya agar menghasilkan rasa yang lebih manis.


4. Dashi

Dashi merupakan kaldu dalam masakan Jepang. Dashi umumnya terbuat dari konbu (sejenis rumput laut) dan katsuobushi (serutan ikan bonita kering) yang direbus menjadi satu kemudian diambil sarinnya. Bahan alternatif pengganti dashi antara lain kaldu jamur atau kalian juga bisa menggunakan kaldu dari ikan teri tawar.


5. Cuka Beras

Cuka beras digunakan untuk memberikan rasa pada nasi yang akan digunakan untuk membuat sushi. Apabila kalian kesulitan mencari cuka beras di pasaran kalian bisa menggunakan cuka apel dengan kadar asam yang rendah, kalian bisa menambahkan air putih agar rasa asam pada cuka apel berkurang. Bahan alternatif lainnya adalah campuran perasan jeruk lemon, gula dan sedikit garam yang kemudian dicampurkan pada nasi yang akan digunakan.


Itulah beberapa bahan pengganti alternatif masakan Jepang yang dapat memberikan rasa dan aroma yang hampir mirip. Jadi sekarang tidak usah khawatir lagi dalam kesulitan atau ada larangan dalam penggunaan bahan masakan jepang dan kalian dapat berinovasi dengan masakan jepang sesuka kalian.

0 Response to "Bahan Alternatif Pengganti Masakan Jepang"

Posting Komentar