Rahasia Membuat Ayam Geprek Crispy dan Renyah

 Membuat Ayam Geprek Crispy dan Renyah

Resep Masakan Enak - Hidangan dengan olahan ayam menjadi hidangan favorit bagi banyak orang baik anak-anak, remaja atau bahkan orang dewasa sekalipun. Selain harga terjangkau dan lezat, hidangan olahan ayam memiliki beraneka ragam variasi dari ayam goreng, opor ayam, soto ayam, ayam bakar, pepes ayam dan masih banyak lagi.

Resep ayam geprek crispy

Saat ini hidangan ayam yang sedang populer di masyarakat Indonesia adalah Ayam Geprek, ayam geprek adalah hidangan olahan ayam yang digoreng menggunakan tepung menyerupai fried chicken , lalu digeprek / di pipihkan kemudian dibaluri dengan sambal olahan yang memiliki tingkat kepedasan sesuai keinginan kalian.

Baca juga : Membuat nugget pisang yang lagi kekinian crispy dan renyah

Perpaduan ayam goreng tepung dan sambal akan memberikan kelezatan yang memanjakan lidah penikmatnya. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia terkenal sebagai penikmat makanan pedas dan akan sangat di sayangkan apabila resep ayam geprek crispy dan renyah untuk di lewatkan.

Saat ini sudah banyak gerai yang menjual ayam geprek antara lain ayam geprek bensu, ayam geprek juara dan banyak lagi. Tapi apa salahnya kalau kita membuat sendiri ayam geprek di rumah selain dijamin sehat dan kebersihannya ayam geprek buatan sendiri tidak kalah lezat atau bahkan lebih lezat daripada yang di pasaran.

Nah untuk membuat hidangan ayam geprek dengan tekstur yang benar-benar cripsy dan kriuk ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain gunakan ayam yang masih segar, karena akan membuat tekstur dan rasa ayam menjadi lebih gurih dan alangkah baiknya apabila menggunakan ayam kampung.Saat menggoreng ayam, gunakan metode deep frying, yaitu teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak banyak sehingga bahan makanan benar-benar terendam minyak. Serta hindari penggunaan tomat pada sambal, karena akan memberi tekstur basah atau becek.

Wajib baca : Membersihkan daging ayam yang salah ternyata bahaya loh, Membersihkan daging ayam yang benar

Diatas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses memasak ayam geprek agar menghasilkan makanan yang lezat dan crispy. Untuk resep membuat ayam geprek langsung saja di cek di bawah ini.


Resep Ayam Geprek Makyuss


Waktu persiapan : 15 menit
Waktu untuk memasak : 25 menit
Porsi : 2 - 3 potong

Bahan-bahan membuat ayam geprek :

  • Daging ayam, 250 gram
  • Cabe rawit, 7 buah (sesuai selera)
  • Bawang putih, 3 siung
  • Bwang putih bubuk, 1/2 sdt
  • Tepung serbaguna, 100 gram
  • Kaldu ayam bubuk, 1/2 sdt
  • Minyak goreng panas, 2 sdm
  • Garam, gula dan lada bubuk, secukupnya

 

Cara Membuat Ayam Geprek Makyuss :

  • Bersihkan daging ayam sampai bersih,lalu baluri daging ayam dengan bawang putih bubuk, garam dan lada secukupnya, lalu diamkan kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu baluri daging ayam tafi dengan tepung serba guna sampai merata dan seluruh permukaan ayam tertutupi, setelah itu goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan, tiriskan.
  • Untuk membuat sambal, siapkan cobek atau ulekan, masukkan cabe rawit, bawang putih, garam, gula, kaldu ayam haluskan sampai halus, lalu tambahkan minyak goreng panas, aduk rata. Ambil ayam yang sudah digoreng, geprek atau pipihkan menggunakan ulekan secukupnya, lalu baluri dengan sambal yang dibuat tadi.
  • Ayam geprek crispy dan renyah siap disajikan dengan nasi hangat.



keju untuk ayam geprek

Untuk menambah kenikmatan ayam geprek ini kalian bisa menaburkan keju cheedar atau apabila ingin sensasi melar-melar gitu kalian bisa menggunakan keju mozarella. Nah bagaimana cukup mudahkan membuat ayam geprek, resep ini sangat berguna untuk kalian yang lagi malas atau sibuk membuat menu masakan untuk makan keluarga, selain tidak memakan waktu banyak dan mudah membuat ayam geprek juga sangat murah dan irit sangat cocok untuk anak kost.

0 Response to "Rahasia Membuat Ayam Geprek Crispy dan Renyah"

Posting Komentar