Resep Membuat Sambal Baby Cumi Pedas di Jamin Nagihin

Membuat Sambal Baby Cumi Mantap & Nendang

Resep Masakan Enak - Banyaknya penggemar makanan pedas di Indonesia membuat menu sambal menjadi menu wajib yang disajikan bersamaan dengan masakan yang akan di santap. Sambal memberikan cita rasa yang dapat membangkitkan selera makan dan membuat kita ingin nambah dan nambah lagi.

Sambal biasanya disajikan dengan ayam goreng, lele goreng, bebek goreng, tempe & tahu goreng dan disantap dengan nasi hangat yang masih mengepul serta sayuran seperti kubis, timun, kemangi sebagai lalapan dan jangan lupa juga kerupuk sebagai pelengkap yang pasti akan membuat mulut kalian semua ngiler karena ingin segera menyantapnya.

resep membuat sambal baby cumi pedas

Banyaknya menu sambal yang ada di nusantara ini, memudahkan kita untuk memilih sambal apa yang sesuai dengan selera dan keinginan kita, sebut saja sambal terasi, sambal pencit (mangga), sambal matah, sambal ijo, sambal pete dan sambal yang lagi digemari saat ini yaitu sambal baby cumi. ( baca juga : pisang goreng bosen, gimana kalau membuat nugget pisang yang lembut dan crispy )

sambal baby cumi merupakan salah satu jenis sambal yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan juga cumi. Cumi yang umum digunakan untuk membuat sambal cumi adalah cumi asin yang dapat kita jumpai di pasar tradisional atau supermarket.

Sambal cumi memiliki cita rasa yang gurih, lezat dan pedas serta tekstur baby cumi yang kenyal dan empuk semakin membuat sambal satu ini menjadi favorit untuk keluarga. Daripada panjang lebar, langsung aja di cek resep masakan membuat sambal cumi yang mantap di bawah ini.


Resep Membuat Sambal Baby Cumi Mantap


Waktu persiapan : 25 menit
Waktu untuk memasak : 15 menit
porsi : 1 toples kecil

Bahan membuat sambal baby cumi :

  • Cumi asin/baby cumi, 250 gram
  • Daun jeruk, 4 lembar
  • Daun salam, 3 lembar
  • Serai di geprei, 1 batang
  • Garam, 1/2 sdt
  • Gula pasir, 1/2 sdt
  • Kaldu bubuk, 1/4 sdt
  • Minyak goreng, secukupnya

Bumbu halus :

  • Bawang merah, 6 butir
  • Bawang putih, 4 butih
  • Cabai rawit, 12 buah
  • Cabai merah bersihkan isinya, 3 buah

Cara membuat sambal baby cumi :

  • Bersihkan cumi dari kulitnya dengan cara di rendam dengan menggunakan air panas yang dicampur dengan jeruk lemon/nipis untuk menghilangkan bau amis dari cumi diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Goreng sebentar sampai cumi setengah matang, angkat dan sisihkan
  • Haluskan semua bumbu halus dengan menggunakan ulekan agar rasanya lebih mantap daripada blender, lalu tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma wangi, masukkan serai, daun jeruk dan daun salam, aduk rata sampai daun layu.
  • Tambahkan cumi yang sudah di goreng sebelumnya, aduk rata. Masukkan bumbu lainnya seperti garam, gula, kaldu, aduk kembali sampai cumi matang sempurna dan . Lakukan tes rasa.
  • Sambal baby cumi siap kalian santap dengan nasi hangat dan lauk lainnya.


Gak susahkan buat sambal baby cumi ini, untuk tingkat kepedasan bisa kok kalian atur sendiri. Kalau kalian sudah banget pedas tambahkan cabai rawit sesuai level kepedasan kalian, atau kalian yang ingin tetap merasakan sambal ini tapi gak kuat makan pedas bisa koq di cabainya dikurangi sesuai kemampuan kalian. ( cek juga : resep membuat samosa ala timur tengah yang mantap )

 cara mudah membuat sambal baby cumi

Sambal baby cumi ini juga bisa awet loh, jadi kalian bisa membuat cukup banyak untuk bisa di makan beberapa hari kedepan. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyimpanannya agar awet lama, pastikan sambal baby cumi sudah dingin sebelum dimasukkan ke toples dan simpan sambal baby cumi dalam kulkas bukan freeze ya. 

Cukup di sini dulu resep masakan yang kami share kali ini, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua membuat menu sambal baru untuk disajikan kepada keluarga atau sahabat kalian. Sampai jumpa dan terima kasih.




0 Response to "Resep Membuat Sambal Baby Cumi Pedas di Jamin Nagihin"

Posting Komentar