Pahami, Kesalahan yang Terjadi Saat membuat Kue Kering

 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Membuat Kue Kering


Resep Masakan Enak - Tidak terasa sebentar lagi lebaran akan tiba. Biasa beberapa hari menjelang lebaran banyak yang sibuk berbelanja kue kering atau sibuk mencari resep dan membuat sendiri kue kering yang nanti akan ditata cantik diatas meja tamu untuk disuguhkan. Saat membeli kue kering di pasaran kadang kita dikecewakan dengan rasa kue kering yang tidak memuaskan, sedangkan untuk memperoleh kue kering dengan rasa yang enak dan kualitas premium kita harus mengeluarkan banyak uang karena harganya yang cukup mahal.

Kesalahan membuat kue kering

Oleh sebab itu, banyak para ibu rumah tangga yang lebih memiliki membuat kue kering sendiri di rumah baik yang pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Selain bisa mengurangi biaya untuk membeli, kalian juga bisa membuat kue yang tidak kalah enak dengan kue kering kualiatas premium di pasaran.

Tapi kendala yang muncul adalah membuat kue kering tidak semudah dan sesimpel kelihatannya, bahkan untuk mereka yang sudah berpengalaman juga tidak luput dari kegagalan. Oke jangan takut dulu, walaupun membuat kue kering tidak mudah apabila kalian memperhatikan langkah dan tips dengan benar PASTI kue kering yang kalian buat akan sempurna dan lezat.

Masalah 1 : Kue Kering Melebar saat di Oven

Masalah kue kering yang melebar biasanya di sebabkan oleh proses pengocokan margarin dan mentega yang terlalu lama. Kadang ada beberapa resep kue kering yang menerangkan kocok mentega dan margarin sampai putih dan mengembang, Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila kue kering yang dibuat adalah lidah kucing. Tapi untuk kue kering lainnya seperti Nastar, kue kastangel, kue sagu hal tersebut akan menyebabkan kue melebar karena margarin terutama mentega memiliki sifat yang gampang mencair saat terkena panas.

Oleh karena itu cuku[p kocok mentega dan margarin sampai tercampur rata sekitar 1-2 menit. Alangkah lebih baiknya simpan dahulu mentega dan margarin ke dalam kulkas agar menjaga suhu mentega dan margarin tersebut. Selain hal di atas penggunaan kuning telur yang terlalu banyak juga menjadi faktor yang menyebabkan kue melebar saat di oven. Ikutilah takaran yang sudah tercantum pada resep dengan baik dan benar.

Masalah 2 : Kue Kering terlalu Keras 

Kue kering yang keras di sebabkan proses pengadukkan adonan mentega dan tepung yang terlalu lama dan kuat. Hindari mengaduk adonan dengan tangan karena suhu panas tubuh manusia akan mempengaruhi tekstur kue kering tersebut, sebaiknya gunakan spatula atau sendok yang besar untuk mengaduk adonan.

Penggunaan tepung yang berlebihan juga menjadi faktor kue kering mengeras, kadang saat melihat adonan yang masih lembek dan susah dibentuk dalam pikiran kalian " wah kayaknya kurang tepung ", Hal tersebut JELAS SALAH. apabila adonan memang masih lembek dan susah dibentuk, Masukkan adonan ke dalam kulkas sekitar 30 menit. setelah itu keluarkan dan segera cetak.

Masalah 3 : Kue Kering Mudah Hancur

Masalah ini berlawanan dengan masalah sebelumnya, kue kering yang mudah hancur disebabkan jumlah mentega dan margarin yang terlalu banyak. Selain itu penggunaan kuning telur yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor kue kering gampang hancur. Karena itu takaran bahan yang tepat adalah kunci sukses membuat kue kering.

Kesalahan membuat kue kering

Menambahkan sedikit putih telur ke dalam adonan bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk mengatasi masalah ini. Tapi ingat penggunaan putih telur yang berlebihan akan menyebabkan kue kering menjadi keras. Sebagai contoh apabila kalian menggunakan 6 butir kuning telur, maka pecahkan 5 butir kuning telurnya saja dan 1 butir telur utuh yaitu kuning beserta putihnya.

Masalah 4 : Kering sudah Matang di Luar tapi Masih Lembek di Dalam

Perlu kalian ketahui, proses pemanggangan kue kering berbeda dengan kue seperti  spiku, cupcake, brownies panggang dan kue basah jenis lainnya. Kue kering mengalami proses pematangan yang sempurna setelah keluar dari oven. Saat kue kering sudah berwarna kuning/coklat keemasan segera angkat kue kering dari oven dan biarkan bagian dalam kue kering matang saat proses pendinginan.

Kesalahan membuat kue kering

Walau demikian bukan berarti kue kering yang lembek akan matang sendiri setelah keluar dari oven, ada beberapa penyebab kenapa kue kering tetap kurang matang walaupun kue sudah mendingin, yaitu pengaturan suhu oven yang tidak tepat dan panas yang tidak merata. Karena itu sebelum memanggang kue kering dianjurkan untuk memanaskan oven terlebih dahulu agar panas menjadi stabil dan merata. 

Masalah 5 :Kue Kering Berwarna Pucat dan Tidak Terlihat Cantik

Hal ini terjadi pada saat proses pengolesan kuning telur pada adonan. Agar dapat menghasilkan kue yang mengkilap tambahkan beberapa tetes madu atau susu kental manis ke dalam kuning telur dan lakukan proses pengolesan 2 sampai 3 kali unutk hasil yang cantik dan mengkilap.

Demikian beberapa kesalahan dalam membuat kue kering yang dapat kami berikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian mengatasi kendala dan kegagalan dalam membuat kue kering di rumah. 

Sampai jumpa di resep masakan dan resep kue lainnya. Sebelum itu mampir dulu di resep membuat kue putri salju keju yang lumer dan lembut. Terima kasih.

0 Response to "Pahami, Kesalahan yang Terjadi Saat membuat Kue Kering"

Posting Komentar