Buat Kue Lidah Kucing Takut Gagal, Lihat Resep Membuat Kue Lidah Kucing Renyah Berserta Tipsnya

Resep Kue Lidah Kucing Renyah anti Gagal

Resep Masakan Enak - Hai hai hai, kembali lagi di resep masakan enak. Tidak terasa sebentar lagi lebaran tiba, berbicara tentang lebaran pasti tidak ketinggalan sajian aneka kue yang selalu disuguhkan di atas meja untuk menyambut para tamu. Biasanya kue yang disuguhkan adalah kue kastangel keju, kue nastar, kue putri salju, kue lidah kucing dan masih banyak lagi.
 Resep kue lidah kucing
www.flickr.com
Kali ini yang ingin resep masakan enak bahas dan pasti banyak dari kalian yang menyukai makanan satu ini, yaitu resep cara membuat lidah kucing yang renyah dan tidak keras. Lidah kucing merupakan makanan yang memiliki bentuk pipih, tipis yang memanjang mirip seperti lidah pada kucing, karena itulah kenapa kue ini diberi nama lidah kucing. Kue ini memiliki rasa manis, gurih, enak dan renyah.

Membuat kue lidah kucing memiliki tingkat kesulitan yang cukup sulit, kalau dari 1-10 membuat lidah kucing berada di angkat 8. Mungkin bagi kalian yang pernah memasak kue satu ini pasti paham seperti apa kesulitannya. ( baca juga : resep ayam bumbu barbeque )

Seperti pada postingan resep masakan enak lainnya saya tidak akan hanya membagikan resep bahan masakan dan cara membuat lidah kucing saja. Dibawah ini ada beberapa tips dan solusi agar kue lidah kucing yang dibuat bisa enak, renyah dan lezat walaupun cukup sulit untuk membuatnya.

Kue lidah kucing keras dan tidak renyah, Pastikan takaran bahan yang digunakan untuk membuat kue lidah kucing sudah tepat sesuai panduan resep masakan yang digunakan. Bahan yang tidak seimbang dapat menyebabkan kue keras atau bahkan terlalu rapuh.

Selain dari segi komposisi bahan kue, salah satu penyebab kue lidah kucing gagal adalah proses pengocokkan putih telur. Yang membedakan kue lidah kucing dengan kue kering lainnya adalah peran putih telur, putih telur disini berperan agar kue lidah kucing menjadi lebih renyah dan gurih. Saat pengocokkan putih telur pastikan alat yang digunakan seperti wadah dan mixer benar-benar bersih dari lemak ( sisa mentega / margarin).

Kocok putih telur dengan tepat yaitu lembut dan apabila diambil oleh sendok membentuk tumpulan pada ujungnya dan tidak menetes. Mengocok putih telur terlalu lama akan menyebabkan kue lidah kucing keras dan bantet.

Kue lidah kucing tidak matang merata dan lengket ke cetakan, Perhatikan suhu oven, untuk membuat kue lidah kucing suhu yang pas adalah antara 160 - 165 derajat celcius dan pastikan panas pada oven merata ke seluruh bagian oven. selain itu, semprot adonan lidah kucing ke cetakan sama rata agar tidak ada bagian yang lebih tebal sehingga menyebabkan kue lidah kucing matang tidak merata. Untuk mengatasi masalah kue lidah kucing yang lengket, olesi cetakan dengan mentega secara merata dan jangan lupa taburi sedikit tepung sebelum adonan di cetak di atasnya.


Resep Membuat Lidah Kucing Renyah dan Lumer


Waktu persiapan : 30 menit
waktu memasak : 100 menit
porsi : 650 gram

Bahan Membuat Lidah Kucing :

  • Tepung terigu, 250 gram
  • Margarin, 100 gram
  • Mentega / butter, 150 gram
  • Gula halus, 150 gram
  • Putih telur, 5 butir
  • Vanili bubuk, 1/2 sdt
  • Susu bubuk / full cream, 40 gram

  

Cara Membuat Lidah Kucing :

  • Panaskan oven dengan suhu kurang lebih 160 derajat celcius, olesi loyang khusus lidah kucing dengan mentega secara tipis dan rata.
  • Kocok putih telur dengan menggunakan mixer sampai kaku, lalu sisihkan.
  • Kocok margarin, mentega dan gula halus sampai mengembang dan lembut. Masukkan tepung terigu, full cream dan vanili yang telah dicampur rata sebelumnya. Aduk hingga rata.
  • Campurkan adonan lidah kucing dengan putih telur yang sudah di kocok tadi, Aduk dengan menggunakan spatula sampai rata.
  • Masukkan adonan lidah kucing ke dalam plastik segitiga. Potong sedikit ujung plastik dan semprotkan kue ke loyang.
  • Panggang selama 15 menit hingga kecokelatan dan matang. Angkat dan dinginkan.
  • Setelah dingin masukkan lidah kucing ke dalam toples.


Selain membuat kue lidah kucing original seperti resep kue diatas kalian juga bisa membuat dengan berbagai rasa dan varian. Cek dibawah bagaimana menambah varian rasa pada adonan kue lidah kucing. ( cek yuk : resep kue brownies kukus enak dan lezat )

Kue Lidah Kucing Rainbow

Siapkan pewarna makanan yang ingin digunakan kalian bisa menggunakan 4-6 warna. Siapkan beberapa sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Bagi adonan kue lidah kucing rainbow ke beberapa wadah tadi, lalu tetesi perwarna makanan, aduk rata. Cetak dengan menggunakan plastik segitiga secara menyusun agar mirip dengan pelangi. 

 Resep kue lidah kucing

Kue Lidah Kucing Keju

Siapkan 50 gram keju edam atau keju cheddar sebanyak 100 gram. Parut dan anginkan sebentar agar keju tidak terlalu lembek. Campurkan pada adonan yang sudah siap cetak, aduk rata.

 Resep kue lidah kucing

Kue Lidah Kucing Coklat

Tambahkan beberapa pasta coklat atau coklat bubuk sebanyak 50 gram, ke dalam adonan yang sudah siap cetak, aduk rata. Gunakan pasta coklat atau coklat bubuk yang memiliki kualitas yang baik sehingga memberikan cita rasa coklat yang enak dan pekat.

 Resep kue lidah kucing

Itulah beberapa varian kue lidah kucing yang bisa kalian coba dirumah. Semoga resep masakan kali ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua. Sampai jumpa di resep masakan enak lainnya.



0 Response to "Buat Kue Lidah Kucing Takut Gagal, Lihat Resep Membuat Kue Lidah Kucing Renyah Berserta Tipsnya"

Posting Komentar